Wednesday 10 February 2016

Pascal

A. Definisi
Pascal adalah suatu bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language) dan terstruktur yang orientasinya pada segala bidang. Pascal pertama kali dirancang oleh Professor Niklaus Wirth. Nama Pascal diambil dari nama seorang ahli matematika dan filosofi Perancis yaitu Bapak Blaise Pascal. Pascal termasuk jenis compiler.
B. Sejarah Perkembangan Pascal
Pascal pertama kali dibuat oleh Professor Niklaus Wirth yang merupakan seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP). Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal yang pertama kali menciptakan mesin penghitung. Professor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Pascal juga digunakan Professor Niklaus Wirth untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.
Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, yaitu bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Pada tahun 1960, beberapa ahli komputer bekerja untuk mengembangkan bahasa ALGOL, salah satunya adalah Professor Niklaus Wirth dari Swiss Federal Institute Technology (ETH-Zurich) yang merupakan anggota grup yang membuat ALGOL.

Tahun 1971, dia menerbitkan suatu spesifikasi untuk highly-structured language (bahasa tinggi yang terstruktur) yang menyerupai ALGOL. Dia menamaninya dengan Pascal. Pascal bersifat data oriented, yaitu programmer diberi keleluasaan untuk mendefinisikan data sendiri. Pascal juga merupakan teaching language (banyak dipakai untuk pengajaran tentang konsep pemrograman).
C. Jenis Pascal
  1. Pascal yang didefinisikan oleh K. Jensen dan Niklaus Wirth
  2. Pascal di Eropa yang didefinisikan oleh ISO (International Standart Organization
  3. Pascal di Amerika yang bekerja sama dengna ANSI (America Nation Standart Institute)
Saat ini Pascal yang beredar dan dipakai oleh para programmer yaitu Pascal yang didirikan oleh K. Jensen dan Niklaus Wirth.
D. Ciri-ciri Pascal
Ciri-ciri yang dimiliki oleh Pascal sebagai bahasa terstruktur:
1. Berurutan
Susunan kode-kode dalam teks Pascal harus ditulis secara urut dari atas, pernyataan-pernyataan yang ditulis lebih awal dieksekusi terlebih dahulu. Oleh karena itu, suatu pernyataan yang menyangkut suatu variabel didalam program maka variabel itu harus terdefinisi dahulu sebelumnya. Hal ini terutama menyangkut pada pemanggilan sub-program oleh sub-program lain.
2. Blok dengan batas-batas yang jelas
Pascal memberikan pembatas yang jelas pada tiap-tiap blok, seperti pada blok program utama, sub-program, struktur kontrol (pengulangan atau pemilihan), dll. Pemakaian kata kunci begin untuk mengawali operasi pada blok dan end untuk menutupnya memudahkan programmer menyusun programnya dengan mudah.
3. Satu pintu masuk dan satu pintu keluar pada blok pemilihan dan pengulangan.
E. Kelebihan Pascal
  1. Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: byte, boolean, integer, real, char, string.
  2. User Defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
  3. Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
  4. Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
  5. Sederhana dan ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

No comments:

Post a Comment