Thursday 11 February 2016

Array


A. Definisi Array
Array merupakan sekumpulan nilai data yang dikelompokkan dalam sebuah variabel. Array digunakan bila ada beberapa nilai data yang tipe datanya sama dan akan mendapat perlakuan yang sama pula.
Misalnya ada 10 nilai data dengan tipe data string dan akan diolah dengan cara yang sama, maka akan lebih mudah jika menggunakan sebuah array dibandingkan bila menggunakan 10 variabel yang berbeda. Setiap nilai data di dalam sebuah array disebut elemen array dan masing-masing dibedakan dengan nomor indeksnya. Penulisannya adalah var (indeks). Sebagai contoh variabel array x menampung nilai-nilai bilangan bulat (3,6,8,7,5,1), berarti indeks untuk variabel x adalah 1 sampai dengan 6, dan ditulis sebagai x(1), x(2), x(3), x(4), x(5), dan x(6).
Array dapat diibaratkan sebagai kereta api dalam komputer, yang didalamnya terdapat gerbong-gerbong memori yang berisi data-data yang mempunyai tipe dan perlakuan yang sama. Untuk mengambil atau menampilkan nilai array dapat dianalogikan dengan mencari kursi dalam gerbong kereta api, maka pada karcis perlu dituliskan nomor gerbang. Array juga demikian, untuk menampilkan nilai array tinggal menyebutkan indeksnya. Misalkan untuk menampilkan nilai variabel x yang ke 5 dituliskan dengan x(5). Untuk dapat membuat variabel array maka terlebih dahulu harus didefinisikan nama variabel array dan berapa jumlah maksimalnya.
Jadi, array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Array merupakan konsep yang penting dalam pemrograman, karena array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks. Array menggunakna indeks integer untuk menentukan urutan elemen-elemennya, dimana elemen pertamanya dimulai dari indeks 0, elemen kedua memiliki indeks 1, dan seterusnya.

B. Fungsi array
  • Menyimpan banyak data
  • Memudahkan dalam penulisan variabel apabila terdapat banyak data

C. Deklarasi array
Sama seperti variabel lain, array juga dideklarasikan di dalam bagian deklarasi variabel. Dalam bahasa Pascal, pendeklarasian array dilakukan dengan menggunakan kata kunci array disertai batas-batas indeks yang diapit menggunakan bracket “[ ]”, kemudian harus diikuti lagi oleh kata cadangan of dan tipe data yang akan disimpan didalamnya. Array dapat bertipe sederhana seperti byte, word, integer, real, boolean, char, string, dan dapat juga bertipe skalar atau subrange.
Bentuk umum pendeklarasian array:
namaArray : [indeksAwal ... indeksAkhir] of tipeData;
Bahasa Pascal  berbeda dengan bahasa C yang indeks arraynya selalu dimulai dari 0. Dalam Pascal, indeks array dapat dimulai dari bilangan berapapun. Selain itu, indeks array dapat bertipe karakter maupun numerasi.

D. Jenis Array
  • Array satu dimensi
  • Array dua dimensi

Untuk selengkapnya, bisa mendownload document pada link di bawah ini

No comments:

Post a Comment